Tesis

Uji Kesahihan Eksternal Terhadap Kuesioner Gastroesophageal Reflux Disease Quality Of Life Berbahasa Indonesia Untuk Menilai Kualitas Hidup Pasien GERD di Poli Ilmu Penyakit Dalam RSUK Tebet = External Validity Test Of Indonesian Version of Gastroesophageal Reflux Disease Quality Of Life Questionnaire To Evaluate Quality Of Life among GERD patients in Internal Medicine Clinic at Tebet District Public Hospital.

LATAR BELAKANG: Kualitas hidup telah menjadi salah satu komponen utama dalam penanganan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Kuesioner GERD Quality of Life (GERD-QOL) berbahasa Indonesia merupakan kuesioner untuk menilai kualitas hidup secara spesifik pada pasien GERD dan telah diuji kesahihan dan keandalannya di RSCM (Indonesia). Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian tersebut dan bertujuan untuk menilai kesahihan eksternal kuesioner GERDQOL berbahasa Indonesia. METODE:. Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang dengan subyek penelitiannya adalah pasien yang mengalami gejala GERD dan berusia 18 tahun atau lebih yang berobat ke Rumah Sakit Umum Kecamatan (RSUK) Tebet. Total skor GERD-Q minimal adalah 8. Pasien kemudian diminta mengisi kuesioner GERD-QOL berbahasa Indonesia dan kuesioner SF-36. Kuesioner Short Form (SF-36) digunakan sebagai baku emas kuesioner penilaian kualitas hidup. Uji kesahihan dilakukan dengan menggunakan kesahihan eksternal. Uji statistik yang digunakan adalah koefisien korelasi Spearman. HASIL: Penelitian ini melibatkan 91 subyek.Korelasi domain physical functioning : 0,488; role physical : 0,590; bodily pain : 0,474; general health : 0,482; vitality : 0,549; social functioning : 0,700; role emotional : 0,555; mental health : 0,373. Kuesioner GERD-QOL berbahasa Indonesia memiliki kesahihan eksternal yang baik ketika dilakukan korelasi dengan domain pada kuesioner SF-36 (koefisien korelasi : 0,3730,700, P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Anak Agung Arie Widyastuti - Nama Orang
Ari Fahrial Syam - Nama Orang
Marcellus Simadibrata - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang

No. Panggil
T17490fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xxi, 94 hlm., 20cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17490FKT17490fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Kesahihan Eksternal Terhadap Kuesioner Gastroesophageal Reflux Disease Quality Of Life Berbahasa Indonesia Untuk Menilai Kualitas Hidup Pasien GERD di Poli Ilmu Penyakit Dalam RSUK Tebet = External Validity Test Of Indonesian Version of Gastroesophageal Reflux Disease Quality Of Life Questionnaire To Evaluate Quality Of Life among GERD patients in Internal Medicine Clinic at Tebet District Public Hospital.

Related Collection